Akar yang terekspos bukanlah masalah buat Remi © Bartek Wolinski |
Melihat akar pohon basah dapat membuat pesepeda keluar keringat dingin. Akar amatlah licin dan cukup tak terduga - detik ini Anda mampu, berikutnya sudah di atas tanah bertanya-tanya apa yang terjadi. Kami pernah merasakannya dan ada memar untuk membuktikannya, tetapi tidak harus dengan begitu seharusnya. Baca terus tips kami untuk memandu Anda berurusan dengan akar.
Remi Thirion dalam hutan dan dedaunan |
Mungkin tips paling berharga ketika melewati akar adalah kemampuan untuk meluruskan hantaman. Ini berarti jika akar berada di jalan, Anda ingin melewati mereka selurus mungkin. Hal ini tidak akan selalu mungkin dan Anda mungkin harus menyesuaikan jalur yang sesuai. Bagian penting untuk diingat adalah bahwa jalur yang paling lurus mungkin bukanlah yang tercepat, atau paling banyak traksi, sehingga meluruskan adalah cara terbaik untuk memaksimalkan traksi, kontrol dan kecepatan Anda dalam satu langkah.
2. Dapatkan tekanan ban yang tepat
Tekanan ban muncul di hampir setiap teknik sepeda gunung -dari turunan ke tanjakan - dan begitu juga dengan akar. Jika ban Anda terlalu keras, rangka ban tidak akan meredam dan membuat Anda memantul dari akar dan kehilangan kontrol. Terlalu empuk dan Anda risiko pinch flat meningkat, merusak semua kesenangan. Tidak ada tekanan yang pasti untuk mengatasi akar, tapi mungkin lebih rendah dari biasanya digunakan, jadi bereksperimen lah dan ukur tekanan ban Anda. Pembalap pro sering bisa merasakan perbedaan setengah psi di ban mereka, sehingga tip ini tidak dapat diremehkan.
Gee Atherton dalam hutan © Bartek Wolinski / Red Bull |
Jika bagian berakar pendek dan Anda ingin melewatinya dalam kecepatan maksimum, maka unweighting sepeda saat menabrak akar akan membuat perbedaan besar. Ini berarti melompat sesaat dan menggeser berat badan Anda ke atas untuk membuat sepeda pergi lebih ringan saat menabrak akar, sedikit seperti bunnyhop. Cukup halus, sehingga tidak memerlukan loncatan besar, tetapi akan membantu Anda untuk melewati akar, bukan menabraknya. Lihatlah setiap pembalap pro membalap untuk melihat teknik ini secara lengkap - mereka jagonya unweighting sepeda untuk memaksimalkan kecepatan.
4. Mengasah teknik Anda
Bersepeda di akar dengan baik, terutama yang basah, membutuhkan pengendalian yang ringan. Ini berarti mengerem secara perlahan dan menghindari perubahan arah mendadak, karena ini dapat menyebabkan kecelakaan. Longgarkan grip juga, yang akan memungkinkan sepeda untuk bergerak bebas di bawah Anda. Seperti halnya teknik sepeda gunung lain, ini membutuhkan latihan, temukan bagian yang dapat Anda latih lagi dan lagi untuk mengasah teknik Anda.
Rachel di atas akar © Bartek Wolinksi / Red Bull |
Saat basah dan licin, sangat penting untuk menjaga berat badan Anda berpusat pada sepeda. Jika Anda condong ke satu sisi, atau memiliki satu pedal ke bawah, kemungkinan tergelincir akan meningkat. Saat Anda datang ke bagian berakar lagi, pikirkan tentang menjaga pedal sejajar dengan berat yang seimbang pada titik kontak Anda pada stang dan pedal. Ini akan memberi grip dan kontrol yang lebih baik - dan siapa yang tidak ingin itu?
No comments:
Post a Comment