Thursday, April 17, 2014

Seri Pembuka World Cup Sepeda Gunung 2014


Seri pembuka World Cup sepeda gunung sudah dimulai di Pietermaritzburg, Afrika Selatan tanggal 11-13 April lalu. Seri ini melombakan disiplin downhill dan cross country. Lintasan untuk nomor downhill berjarak 3 kilometer, sementara untuk cross country digunakan lintasan sepanjang 6,1 kilometer dengan pebalap putra melakukan 6 lap (36,6 kilometer) dan pebalap putri 5 lap (30,5 kilometer).

Di nomor downhill yang finalnya diadakan hari Sabtu (12/4), pebalap putri Inggris Manon Carpenter (tim Saracen) memenangkan seri World Cup pertamanya. Sementara di bagian putra, Aaron Gwin (Amerika Serikat/Specialized) berhasil mencuri kemenangan dari Mick Hannah (Australia/ Hutchinson Polygon URT).

Manon Carpenter, juara dunia junior tahun 2011 yang juga anak pelatih dan pembangun lintasan BMX, Jason Carpenter berhasil memenangkan seri ini setelah membukukan waktu 4 menit 34,9 detik. Ia mengalahkan rekan senegaranya Rachel Atherton (GT) dengan perbedaan hampir 4 detik. Jill Kintner (Amerika Serikat/Transition) berhasil menduduki podium ketiga.
Mick Hannah

Di bagian putra, Aaron Gwin berhasil mencuri kemenangan dari Mick Hannah. Hannah yang pada kualifikasi mengalami gangguan pada sepedanya menuruni lintasan lebih awal dan membukukan waktu 4 menit 1,337 detik. Waktu ini tidak dapat dikalahkan oleh para pebalap unggulan yang menuruni lintasan setelah Mick termasuk Greg Minaar (Afrika Selatan/Santa Cruz) yang menduduki tempat ke tiga. Catatan waktu itu terus bertahan hingga Aaron Gwin, sebagai pebalap dengan waktu kualifikasi tercepat menuruni lintasan terakhir dan berhasil mencuri kemenangan dengan membukukan waktu 3 menit 59,3 detik.
Maja Wloszczowska

Di hari minggu (13/4) dilombakan nomor cross country. Yolanda Neff (Swiss/Liv Pro) memenangkan bagian putri dengan catatan waktu 1 jam 38 menit. Yolanda Neff sebenarnya belum berumur 23 tahun dan bisa mengikuti kelas U-23 di lomba ini, namun ia memilih untuk ikut di kelas Elite. Di lomba ini pebalap Norwegia, Gunn-Rita Dahle Flesjaa (Multivan Merida) terus-terusan mengejar Yolanda hingga ia finish terpaut hanya 25 detik dari waktu Yolanda. Rekan setim Yolanda, Maja Wloszczowska finish ke tiga, dengan waktu satu menit lebih lambat
Julien Absalon

Dalam lomba cross country putra, Julien Absalon (Perancis/BMC) memenangkan pertandingan dalam waktu 1 jam 38 menit 5 detik. Dalam lomba sebenarnya Julien terlibat dalam pertandingan yang ketat dengan juara dunia Nino Schurter (Swiss/Scott), namun dua lap sebelum finish ban sepeda Nino mengalami kebocoran hingga ia finish ke enam. Di lomba ini posisi kedua dan ketiga ditempati Manuel Fumic (Jerman/Cannondale) dan Maxime Marotte (Perancis/BH Suntour).

(Goestarmono)

photo: dari TREAD Magazine, Cycling News

No comments:

Post a Comment