Friday, July 11, 2014

Bob Haro

Bob Haro di tahun 1982 (foto: BMX Museum)
Pesepeda di Indonesia mungkin sudah akrab dengan sepeda bermerk Haro. Sepeda yang merknya diambil dari nama pendirinya, Robert “Bob” Haro itu adalah salah satu pelopor sepeda BMX, terutama untuk jenis freestyle. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Bob Haro telah menjual perusahaannya tersebut dan beralih ke bisnis lainnya, termasuk mendirikan perusahaan sepeda dengan merk lain.

Bob Haro lahir di Pasadena, California, 29 Juni 1958. Besar di San Diego, keterlibatannya dalam BMX dimulai saat ia kehabisan uang untuk mengikuti balapan motocross. Sebagai pebalap motocross sebenarnya karirnya cukup baik. Hingga tahun 1975 ia telah mendapat 50 piala lomba motocross. Di tahun 1976, Bob pindah ke Stockton, Arizona karena perceraian orang tuanya. Di sana ia mulai membalap untuk Molina’s Bike Shop. Selain membalap ia juga kerap melakukan beberapa trik BMX, sesuatu yang belum umum dilakukan saat itu.

Jiwa bisnis Bob terlihat di tahun berikutnya, saat ia mulai menjual plat nomor start untuk balap BMX. Diberi label “Haro Factory Number Plate”, ini adalah cikal bakal Haro Bikes yang akhirnya menelurkan produk sepeda Haro Freestyler di tahun 1982.

Bob Haro
Selain memulai bisnis sepeda, ia juga membuat kartun untuk berbagai majalah BMX dan motocross hingga akhirnya ia menjadi ilustrator tetap di majalah BMX Action. Di majalah inilah ia bertemu RL Osborn, anak Bob Osborn, pemilik penerbit majalah tersebut yang juga pesepeda BMX.

Bersama RL Osborn ia mendirikan BMX Action Trick Team dengan debut awal di ABA Winternational 1978 di Chandler, Arizona. Tim ini juga telah menanam akar bagi disiplin sepeda BMX Flatland, dan bersama pemain skateboard mulai menggunakan kolam renang yang dikeringkan akibat krisis ekonomi Amerika Serikat, yang di kemudian hari berevolusi menjadi BMX Vert.
Bob Haro (foto: Julian Castaldi)

Tahun 1988, Bob menjual Haro Bikes walau tetap menjadi konsultan teknis di perusahaan tersebut hingga tahun 1993. Saat itu ia memutuskan untuk berkonsentrasi pada bisnis desain dan manajemen merknya. Hasil karya desain Bob terlihat di beberapa merk ternama seperti Oakley, JT Racing, dan Redline.

Saat BMX mulai dipertandingkan di olimpiade tahun 2008, Bob terlibat mendesain logo, desain, dan pakaian pebalap BMX untuk tim Amerika Serikat. Pada Olimpiade 2012, ia membantu Danny Boyle (sutradara “Slumdog Millionaire”, “28 Days Later”, “The Beach”, dan “Trainspotting”) mendesain koreografi untuk pembukaan Olimpiade.

Ia juga bekerja sama dengan Red Bull membuat Red Bull Revolution sebuah invitasi balap BMX yang diselenggarakan di Berlin, Jerman. Event ini menggunakan lintasan seperti balap BMX namun dengan rintangan yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi. Selain adu cepat, penghargaan juga diberikan kepada pebalap yang melakukan trik. Bob juga mendirikan pabrikan sepeda BMX baru, Ikonix.


(Goestarmono/dimuat di Back2boseh Pikiran Rakyat 29 Juni 2014)




1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete