Friday, February 20, 2015

Galunggung Mountain Bike Adventure 2015

Keindahan alam Jawa Barat memang tak terbantahkan. Budayawan MAW Brower mengatakan, Tuhan menciptakan Bumi Priangan sambil tersenyum.

Keindahan alam itu pula yang dinikmati sekitar 200 peserta Galunggung Mountain Bike Adventure 2015 pada 25 Januari 2015 lalu. Keindahan kaki Gunung Galunggung menjadi latar belakang pemandangan saat kaki peserta memutar pedal sepedanya.

Acara tersebut diselenggarakan Workshop Adventure dan dilepas Wakil Walikota Tasikmalaya yang juga sering bersepeda, Dede Sudrajat. Selepas start, peserta menyusuri jalanan kota Tasikmalaya.

Tak berapa lama, jalanan khas perkotaan yang sarat dengan kendaraan bermotor berganti dengan pemandangan yang lebih menyejukkan. Pemandangan persawahan dan kolam ikan milik masyarakat menggantikan jalanan aspal. Bisa dimengerti bahwa tumpuan ekonomi Kabupaten Tasikmalaya adalah dari sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. Peserta dibawa melalui jalan pedesaan di antara persawahan dan kolam ikan. Sekitar 2 kilometer peserta mengikuti jaringan saluran irigasi.

Selepas suasana persawahan dan kolam ikan di Sukaratu, peserta yang berasal dari Tasikmalaya, Bandung, Cilegon, hingga Balikpapan memasuki pemukiman warga di Gunungsari dan melihat kehidupan sehari-hari warga Tasikmalaya. Tempat yang dilewati peserta lainnya adalah salah satu dari 800 pesantren yang ada di Kabupaten yang dikenal sebagai pusat keagamaan di Jawa Barat ini.

Tahun 1982, Gunung Galunggung meletus. Gunung yang menjadi tujuan akhir acara ini memuntahkan material, di antaranya adalah pasir vulkanik. Pasir Galunggung yang baik untuk bahan bangunan dan industri hasil dari letusan gunung tersebut masih ditambang hingga kini.

Salah satu perusahaan penambangan pasir Gunung Galunggung adalah CV Putra Permana yang mengizinkan area penambangannya dilalui peserta Galunggung Mountain Bike Adventure 2015.
Galunggung Mountain Bike Adventure 2015 adalah event cross country murni. Sifat event cross country adalah trek di mana sepeda dapat dikayuh di 100% lintasan dan tanpa turunan yang membahayakan.

Bagaimana dengan sepedanya? Sepeda apa yang cocok digunakan untuk event ini?

Cross country adalah dasar dari bersepeda gunung. Hampir semua sepeda gunung keluaran pabrikan dapat digunakan untuk cross country, kecuali sepeda downhill karena tidak adanya gir ringan untuk melibas tanjakan, atau sepeda dirt jump karena rendahnya sadel. Memang pabrikan mengeluarkan sepeda khusus cross country yang lebih ringan karena kekuatannya tidak didesain untuk trek ekstrem. Namun pada dasarnya, hampir semua sepeda gunung dapat digunakan untuk event  cross country.
Bersepeda cross country memang cara yang ampuh menikmati keindahan alam dan kehidupan di lintasan yang dilalui


(Goestarmono, dimuat di Back2boseh Pikiran Rakyat 8 Februari 2015)

No comments:

Post a Comment