Thursday, May 1, 2014

Kakak beradik merajai podium World cup Sepeda Gunung

Kakak beradik dari Inggris yang tergabung dalam tim GT Factory Racing, George dan Rachel Atherton berhasil mengawinkan gelar juara dalam seri World Cup Sepeda Gunung nomor downhill. Kejuaraan ini diselenggarakan di Cairns, Australia, 24-27 April 2014.

Cuaca di Cairns berganti antara berawan dan hujan. Keadaan ini membuat lintasan lomba selalu berada dalam keadaan basah. Lumpur yang cukup tebal, akar, dan batuan, membuat lintasan lomba menjadi licin baik untuk nomor downhill di hari Sabtu atau cross country di hari Minggu.

Licinnya lintasan memakan korban juara dunia tiga kali Greg Minaar (Afrika Selatan/Santa Cruz Syndicate). Ia terpaksa didiskualifikasi akibat tidak kembali mengulang di titik semula saat menabrak pita pembatas lintasan pada babak final. Begitu pula wakil Indonesia, Popo Ario Sejati dan Fitriyanti Riyanti (Patrol Mountain FJC). Fitriyanti terpaksa membatalkan keikut sertaannya karena mengalami cedera tangan saat latihan, sementara Popo yang sempat berada di posisi 59 di Intermediate 1 kualifikasi terpaksa tidak finish di babak tersebut akibat kerusakan di sepedanya.

George yang saat babak kualifikasi berada pada posisi ke enam menyelesaikan lintasan berjarak 1,9 kilometer dalam waktu 4 menit 0,707 detik, lebih cepat 4,229 detik dari rekan senegaranya Josh Bryceland (Santa Cruz Syndicate). Posisi ke tiga diraih oleh Neko Mulally (Amerika Serikat/Trek World Racing) yang menyelesaikan lintasan dengan waktu 4 menit 7,637 detik.

Di bagian putri Rachel mendominasi babak kualifikasi dan final. Ia memenangkan babak final dengan waktu 4 menit 50,576 detik. Di posisi kedua menempel ketat juara seri I yang juga rekan senegara Rachel, Manon Carpenter (Madison Saracen Factory Team). Manon, yang juga meraih posisi dua di babak kualifikasi mencatat waktu 5 menit 02,231 detik. Tempat ketiga diduduki oleh Myriam Nicole (Prancis / Commencal).
Di nomor cross country Julien Absalon (Prancis / BMC) kembali mengulang prestasinya di Afrika Selatan dengan menyelesaikan lintasan sejauh 31 kilometer dalam waktu 1 jam 38 menit dan 22 detik. Walaupun sempat mengalami kemps ban di lap ke 2, ia berhasil mengalahkan Mathias Flückiger (Swiss / Stöckli) dan Maxime Marotte (Prancis / BH-Suntour-KMC) yang meraih podium kedua dan ketiga.

Eva Lechner (Italia / Colnago Sudtirol) memenangkan nomor cross country putri dengan menyelesaikan lima lap yang berjarak 26,1 kilometer dalam waktu 1 jam 38 menit 48 detik. Ia mengalahkan Emily Batty (Amerika Serikat /  Trek Factory) dan Irina Kalentieva (Rusia) yang meraih podium kedua dan ketiga.

Selain nomor Cross country dan Downhill yang merupakan seri kedua World cup, event ini juga melombakan seri pertama nomor Cross country Eliminator yang dimenangkan pembalap Samuel Gaze (Selandia Baru) di bagian putra dan Alexandra Engen (Swedia / Ghost Factory Racing) di bagian putri


(Goestarmono)

No comments:

Post a Comment