Friday, October 3, 2014

Bersepedalah Sejak Dini

Masa kanak-kanak adalah masa paling penting untuk perkembangan anak-anak. Saat ini adalah saat terbaik untuk mengajarkan kebiasaan baik, salah satunya adalah kegiatan bersepeda.

Kapan sebenarnya anak-anak dapat mulai belajar bersepeda? Bersepeda dapat mulai diajarkan kepada balita pada umur 2 tahun dengan menggunakan sepeda tanpa pedal atau disebut push bike. Dengan sepeda ini, balita dapat belajar menyeimbangkan badannya di atas dua roda tanpa dibebani dengan gerakan mengayuh. 

Saat balita bisa berjalan atau berlari, gerakan itu sudah akrab dengan balita tersebut, dan dapat digunakan untuk menggerakkan sepeda. Dan saat sepeda sudah bergerak, balita dapat meluncur dengan bebas dan mempelajari keseimbangan di atas dua roda.

Gerakan meluncur ini masih terpakai hingga dewasa dalam bentuk bersepeda di turunan, bersepeda BMX di arena, atau kegiatan bersepeda lain yang belum memerlukan gerakan mengayuh. Setelah anak menguasai pushbike, barulah anak dapat beralih mempelajari gerakan mengayuh pedal untuk menggerakkan sepedanya.

Pada umur di bawah lima tahun anak mulai mempelajari hal-hal yang penting untuk masa yang akan datang. Anak mulai menyerap kemampuan motorik kasar sebelum umur dua tahun. Setelah itu balita belajar bersosialisasi dan mulai berteman. Bersepeda memberikan anak kesempatan untuk melakukan kegiatan positif, serta bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Dengan kondisi lingkungan saat ini sangat sulit bagi orang tua untuk mengajarkan bersepeda bagi anak-anaknya. Padatnya arus lalu lintas bahkan hingga jalan perumahan membuat para orang tua berpikir dua kali untuk membiarkan anaknya bersepeda sendiri. Selain padatnya lalu lintas, umur pakai sepeda anak yang relatif pendek juga membuat orang tua malas untuk membelikan sepeda sesuai umur dan ukuran badan anaknya. Padahal sepeda yang terlalu besar (atau terlalu kecil) akan menyulitkan anak belajar bersepeda.

Kendala itu tentu saja harus dicari solusinya. Tempat belajar bersepeda yang aman harus tersedia di lingkungan kota. Taman di perumahan, taman kota, hingga taman komersial di tempat rekreasi bisa menjadi alternatif tempat belajar bersepeda untuk anak.

Bersepeda adalah kegiatan positif untuk anak. Dengan bersepeda anak dapat belajar bersosialisasi, disiplin, dan ketaatan terhadap aturan. Saat anak belajar bersepeda di tempat umum, ia bisa belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya dan bersepeda bersama. Saat itu juga ia bisa mendapatkan teman baru dari lingkungan dan kalangan yang berbeda.

Ajari Taat Aturan

Setelah anak mahir bersepeda, ia dapat belajar disiplin dan ketaatan terhadap aturan berlalu lintas. Saat itu juga ia akan belajar mengenai penyelesaian masalah (problem solving) saat terjadi masalah dengan sepedanya atau tempat tujuan yang diinginkannya.

Tugas orang tua adalah memastikan anak belajar bersepeda secara aman dan dalam suasana menyenangkan. Pastikan sepeda yang digunakan tidak membahayakan anak. Tutup komponen sepeda yang tajam dan menonjol seperti ujung as roda dan stang sehingga tidak dapat melukai anak. Stel sepeda sehingga nyaman digunakan anak, misalnya dengan menaikkan atau menurunkan seatpost.

Semangati anak untuk tetap belajar sepeda. Kunci keberhasilan anak dalam belajar bersepeda adalah suasana yang menyenangkan. Terkadang orang tua harus lebih sabar dalam menjaga suasana hati anak untuk tetap belajar bersepeda, atau menahan keinginan untuk memaksa anak untuk belajar sepeda, namun belajar bersepeda saat suasana hati anak sedang tidak baik mungkin saja tidak akan berhasil mendorong anak untuk bersepeda.

Saat anak sudah bersepeda, ini adalah berkah yang dapat membuat semangat orang tua untuk juga bersepeda meningkat. Lagi pula, bukankah lebih nikmat jika kita dapat bersepeda tanpa meninggalkan keluarga?


(Goestarmono, dimuat di Back2boseh Pikiran Rakyat 21 September 2014)

1 comment:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete