Friday, January 16, 2015

Cadence

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan bersepeda atau mengurangi kelelahan saat bersepeda. Salah satunya adalah melalui cadence, disebut juga pedalling rate atau kecepatan kayuhan. Cadence adalah jumlah putaran pedal yang dilakukan pesepeda saat mengayuh sepedanya.

Apakah rahasia pembalap sepeeda yang terlatih? Sekilas menyaksikan berbagai jenis balap sepeda jelas terlihat para pembalap sepeda  mengayuh pedalnya dengan putaran yang lebih tinggi. Ini berlaku di semua disiplin balap sepeda , dari nomor track, jalan raya, sepeda gunung, hingga BMX, walaupun tingkat kecepatan putaran berbeda tergantung disiplin dan karakter pembalapnya. Secara umum putaran pedal yang tinggi adalah salah satu ciri kegiatan sepeda kompetitif.

Tapi apakah bersepeda dengan cadence tinggi tidak membuat pesepeda cepat lelah? Salah satu perbandingan yang bisa dilakukan adalah dengan kendaraan bermotor. Putaran mesin yang terlalu tinggi memang akan cepat merusak mesin, namun kecepatan mesin yang terlalu rendah akan mengakibatkan mesin mengalami gejala knocking dan tidak bertenaga. Knocking juga akan merusak mesin. Menjalankan kendaraan bermotor di gigi tinggi pada kecepatan rendah memang tidak apa-apa jika mesin tidak dipaksa mengeluarkan tenaga. Bersepeda dengan cadence rendah pun tidak diharamkan untuk dilakukan, tetapi melakukan akselerasi atau tanjakan dengan putaran pedal yang rendah akan membebani otot dan berpotensi merusak sendi.

Pembalap profesional umumnya mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi, 100 putaran per menit atau lebih. Untuk memutar pedal dengan kecepatan tinggi diperlukan latihan khusus. Dimulai dengan melatih efisiensi putaran pedal, putaran pedal yang efisien adalah putaran pedal dengan tenaga yang merata di setiap sudut putarannya. Umumnya pesepeda dapat meraih efisiensi terbaiknya di kecepatan kayuhan 90 hingga 100 putaran per menit.

Bukankah memutar pedal lebih cepat berarti mengeluarkan tenaga lebih besar? Belum tentu. Mempercepat kayuhan diikuti pula dengan menurunkan rasio gigi ke gigi yang lebih ringan.

Mengapa bersepeda dengan kayuhan cepat lebih baik? Saat pesepeda mengayuh dengan putaran rendah, tenaga diperoleh dari kekuatan otot. Kekuatan otot ini tidak bertahan lama, seiring degnan penumpukan asam laktat dan kelelahan, otot akan melemah, dan pemulihan kekuatan otot berlangsung dalam waktu yang panjang.

Saat bersepeda dengan putaran tinggi, kekuatan otot yang diperlukan lebih sedikit untuk setiap kayuhannya. Beban tersebut dibagi ke sistem kardiovaskular dan respirasi tubuh. Sistem ini bertumpu pada kapasitas transfer gizi dan oksigen ke sel yang membutuhkan. Saat sistem ini mencapai kapasitas maksimalnya, yang diperlukan hanyalah istirahat dan mengambil nafas sejenak untuk mengembalikan kondisi seperti semula.

Apakah putaran pedal yang cepat adalah jawaban instan atas semua permasalahan terkait mengeluarkan tenaga saat bersepeda? Seperti hal lain, meningkatkan cadence harus dilakukan secara bertahap. Jika kelelahan otot mengakibatkan rasa pegal dan nyeri, maka kegagalan sistem kardiovaskular akibat dipaksa bekerja terlalu keras dapat berakibat fatal.  Selain itu, karakter fisik beberapa orang menentukan berapa cepat pesepeda dapat mengayuh sepedanya. Pesepeda dengan karakter tubuh gemuk atau berotot akan sulit memutar pedal sepedanya lebih dari 100 putaran per menit.

Selain hambatan fisik, sepeda yang digunakan juga sangat berpengaruh untuk mendapat putaran yang baik. Pesepeda yang mengayuh dengan kecepatan 100 putaran per menit akan melakukan 6.000 kayuhan pedal saat bersepeda selama satu jam. Dengan gerakan sebanyak itu, sangat penting untuk melakukan bike fitting atau menyesuaikan sepeda ke postur tubuh penggunanya. Ketidak sesuaian sepeda akan menyiksa persendian pesepeda yang menggunakannya.

Selain masalah interaksi antara pengguna dan sepeda, kondisi sepeda terutama bantalan atau bearing yang terpasang di sepeda juga harus diperhatikan. Bersepeda dengan putaran tinggi memang tidak membebani bantalan, tetapi bantalan yang rusak akan terasa tidak nyaman saat digunakan.
Bersepeda dengan putaran tinggi memang bukan cuma tentang memutar pedal lebih cepat, namun juga tentang bersepeda yang benar.


(Goestarmono, dimuat di Back2boseh Pikiran Rakyat 4 Januari 2015)

3 comments:

  1. Thank for sharing om...mantab :D

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete