Friday, January 9, 2015

Cyclepedia: Slopestyle

Istilah slopestyle dipinjam dari olahraga ski. Olahraga ski slopestyle adalah nomor di mana peski menuruni lintasan dengan rintangan berupa railing tangga, lompatan, dan objek lainnya. Penilaian nomor ini didasarkan pada kesulitan trik, ketinggian lompatan, eksekusi trik, dan penampilan secara umum. Sebenarnya, permainan dengan sistem penilaian seperti itu sudah lebih dulu dilakukan di cabang skateboard dan BMX, yaitu dalam nomor Park.

Dalam masa awal sepeda gunung belum dikenal nomor yang didasarkan pada penilaian trik. Hingga akhir dekade 1990-an nomor seperti cross country, downhilll, dual slalom, dan lain-lain masih didasari pada kecepatan pebalap melewati jarak tertentu. Satu-satunya nomor sepeda gunung yang tidak didasari kecepatan saat itu adalah biketrials yang didasari kemampuan pesepeda gunung melewati rintangan tanpa menurunkan kaki.

Pada awal dekade 2000-an, daerah British Columbia di Kanada mulai dilirik sebagai salah satu kiblat sepeda gunung dunia. Gaya bersepeda gunung pun mulai berubah, ada penilaian lain selain kecepatan, dan lahirlah genre freeride. Namun evolusi permainan sepeda gunung tidak langsung menjadi seperti sekarang ini.

Sebelum slopestyle menjadi seperti sekarang ini dikenal istilah hucking. Hucking adalah menurunkan sepeda dari tempat yang tinggi. Salah satu tokohnya adalah Josh Bender yang memegang rekor drop tertinggi bersama Tyler Klassen setinggi 15 meter, walaupun ia gagal dalam percobaannya untuk menuruni drop setinggi 18 meter.

Tahun 2004, di Whistler, British Columbia dipertandingkan nomor slopestyle untuk pertama kali dalam rangkaian event Crankworx. Saat itu Paul Basagoitia mencuri perhatian dengan menjuarai event tersebut walau sebelumnya ia tidak dikenal dalam dunia sepeda gunung.

Saat ini slopestyle dilombakan dalam berbagai acara seperti FMB World Tour. Rangkaian FMB World Tour terdiri dari 36 seri dan 5 seri di antaranya adalah event Diamond Series atau seri puncak dari rangkaian FMB World Tour.

Salah satu event slopestyle yang terkenal adalah Red Bull Rampage yang juga termasuk dalam rangkaian FMB World Tour. Didanai oleh sponsor raksasa minuman berenergi, event ini adalah lomba terbesar dengan bentuk invitasi. Red Bull Rampage pertama kali diadakan tahun 2001, walau sempat dihentikan tahun 2005 sampai 2007. Kebanyakan pemenang event ini berasal dari Kanada. Nama-nama seperti Wade Simmons, Tyler Klassen, Brandon Semenuk, dan Kurt Sorge adalah freerider Kanada yang pernah menjuarai Red Bull Rampage.

(Goestarmono, dimuat di Back2boseh Pikiran Rakyat 14 Desember 2014)

No comments:

Post a Comment