Wednesday, June 17, 2015

Bersepeda Selama Satu Jam

Bradley Wiggins saat memecahkan rekor kecepatan (foto oleh Luca Bettini)
Berapa kilometer kita dapat bersepeda selama satu jam? Tahukah kita bahwa rekor jarak terjauh bersepeda selama satu jam adalah rekor yang paling bergengsi dalam dunia kompetisi sepeda.
Bradley Wiggins, mantan pembalap tim Sky, juara Tour de France 2012, yang juga mendapat gelar ksatria dari kerajaan Inggris sejak tahun 2013, tanggal 7 Juni yang lalu memecahkan “Hour record” dengan bersepeda 54,526 kilometer dalam satu jam di Lee Valley Velopark, London, Inggris.
Henry Desgrange, pemegang Hour Record pertama (foto: Bike Magazine)
Bersepeda selama satu jam melibatkan keseimbangan antara kemampuan ketahanan dan kecepatan pesepeda. Dengan waktu yang menjadi acuan satuan kecepatan yang banyak digunakan, baik metrik (kilometer) atau imperial (mil) membuat hasil yang dicapai mudah dibayangkan oleh semua orang.
Sejarah “Hour record” dimulai dari pembalap sepeda pertama dunia, James Moore dari Inggris yang bersepeda 14 ½ mil dalam satu jam di tahun 1873 dengan sepeda Penny Farthing. Rekor itu tidak diakui karena jarak yang ditempuh hanya berdasarkan perkiraan. Jarak yang terukur lebih baik dilakukan Frank Dodds dari Universitas Cambridge yaitu 26,508 kilometer, 25 Maret 1876. Namun rekor pertama yang diakui dibuat oleh penggagas Tour de France, Henri Desgrange yang bersepeda 35,325 kilometer di Velodrome Buffalo, Paris, 11 Mei 1893. Setelah itu rekor silih berganti dipecahkan termasuk oleh legenda balap sepeda Fausto Coppi dan Jacques Anquetil di awal karir mereka.
Eddy Merckx pemecah Hour Record tahun 1982 (foto oleh: Zdenko Kahlina)
Rekor yang dibuat Eddy Merckx tahun 1972 di Mexico City menjadi tonggak akhir sepeda tradisional digunakan dalam pemecahan “Hour record”. Rekor yang bertahan 12 tahun ini dipecahkan Francesco Moser pada 19 januari 1984 dengan menggunakan sepeda beroda cakram dan pakaian jenis skinsuit. Rekor ini pun bertahan lama, baru 9 tahun kemudian Graeme Obree dari Skotlandia memecahkannya dengan sepeda yang sangat berbeda dari sepeda tradisional. Sepeda yang diberi nama “Old Faithful” ini memposisikan pengendaranya sangat ke depan dengan tangan terlipat serta menggunakan bottom bracket yang diadopsi dari mesin cuci.
Graeme Obree dan Old Faithful (The Telegraph)
Dalam waktu 3 tahun, Obree, juara olimpiade Chris Boardman, serta juara Tour de France Miguel Indurain dan saingannya Tony Rominger saling memecahkan rekor dengan sepeda berteknologi tinggi. Hal ini membuat UCI, organisasi sepeda dunia gerah. Sebuah peraturan dibuat pada tahun 1997 yang memisahkan “Hour record” menjadi dua kategori. UCI Hour record harus dilakukan dengan sepeda tradisional, beroda jari-jari, stang balap drop bar, rangka berlian, dan pengendaranya tidak boleh menggunakan helm time trial. Rekor yang dibuat dengan sepeda canggih, seperti halnya dilakukan sejak pemecahan oleh Francesco Moser tetap diakui sebagai “Best Human Effort”.
Kecanggihan teknologi masa kini membuat “Hour record” menjadi tidak menarik lagi. Sepeda yang terlihat kuno membuat penonton lebih menyukai lomba track lain seperti nomor Pursuit, nomor Time Trial di lomba jenis Tour, atau bahkan sesi sepeda di lomba triathlon. 15 Mei 2014, akhirnya UCI memperbolehkan penggunaan sepeda berteknologi dengan batasan regulasi yang disamakan dengan sepeda nomor track.
Perubahan ini langsung disambut pembalap dunia dengan dukungan pabrikan sepedanya. Dimulai dengan pembalap Jerman, Jens Voigt yang memecahkan rekor dengan sepeda Trek hingga akhirnya minggu lalu sir Bradley Wiggins memecahkan rekor tersebut menggunakan sepeda Pinarello Bolide.
Walau begitu, kecepatan itu belum memecahkan rekor 56,375 kilometer yang dibuat Chris Boardman tahun 1996 yang membuat UCI membuat regulasi “sepeda Eddy Merckx”.
Sepeda recumbent Francesco Russo (Gizmag)
Apakah rekor itu adalah kecepatan tertinggi kendaraan bertenaga manusia? Perlu diingat, UCI hanya meregulasi sepeda dengan konfigurasi tegak. Sepeda jenis lain seperti recumbent dengan posisi pengendara berbaring diregulasi oleh IHPVA (International Human Powered Vehicle Association). Berapa cepat rekor yang pernah dibuat oleh kendaraan bertenaga manusia? Pada 2 Agustus 2011, Francesco Russo mencetak kecepatan 91,556 kilometer per jam di sirkuit oval Dekra di Jerman.
Seberapa cepat kita bersepeda dalam satu jam?
(Goestarmono)









No comments:

Post a Comment