Thursday, June 18, 2015

Bradley Wiggins

Bradley Wiggins (Daily Mail)
Hanya ada tiga pembalap sepeda yang mendapat gelar ksatria dari kerajaan Inggris. Salah satu pemegang gelar itu adalah Bradley Wiggins. Ia membuat berita pada 7 Juni dengan memecahkan rekor bersepeda satu jam dengan menempuh jarak 54,526 kilometer.
Bradley Wiggins lahir di Ghent, Belgia 28 April 1980 sebagai anak pembalap Australia Gary Wiggins dan ibu berkebangsaan Inggris, Linda. Ketertarikannya pada sepeda dimulai saat ia menonton Chris Boardman dalam pertandingan Individual Pursuit Olimpiade 1992. Itu membuatnya memulai membalap sepeda dengan mengikuti West London Challenge 92 yang dilangsungkan di jalan yang belum dibuka di London Barat.
masa kecil Bradley Wiggins (Mirror)
Tahun itu juga ia terlibat kecelakaan yang mematahkan tulang selangkanya. Uang kompensasi yang didapatkan Bradley digunakan untuk membeli sepeda balap pertamanya. Ia juga bergabung dengan Archer Cycle Club tempat ayahnya bergabung sebelumnya.
Karir profesionalnya dimulai 2001 dengan bergabung dalam klub Linda McCartney. Setelah klub itu bubar, ia mendapat pendanaan dari lotere nasional dan menjadi bagian tim nasional. Di awal karirnya ia masih berkonsentrasi dalam nomor track selain mengikuti nomor jalan raya. 

Di nomor track ia mendapat medali emas nomor Individual Pursuit dalam Track World Championship 2003 dan Six Day of Ghent bersama Matthew Gilmore. Di nomor jalan raya, ia bergabung dalam tim Linda McCartney (2001), Française de Jeux (2002-2003), dan Credit Agricole (2004-2005).
Pada 2005, ia mulai berkonsentrasi dalam nomor jalan raya dengan mengikuti Giro d’Italia pertama kali bersama Credit Agricole. Tahun berikutnya, ia mengikuti Tour de France pertama kalinya bersama tim Cofidis yang ia bela 2006 hingga 2007. Sempat mengikuti Track World Championship 2007 dengan memenangi nomor Individual dan Team Pursuit. Di balapan jalan raya, Bradley mendapat gelar semangat juang setelah melakukan solo breakaway selama 190 kilometer dalam etape ke 6 Tour de France tahun itu.
Bradley Wiggins (Independent)
Ia kembali berkonsentrasi di nomor track di 2008 untuk memenangi Individual Pursuit dan Team Pursuit Olimpiade Beijing. Ia gagal dalam nomor Madison bersama Mark Cavendish, meskipun dalam Track World Championship memenangi ketiga nomor tersebut. Nama Bradley Wiggins mulai menjadi terkenal setelah ia meraih posisi 4 di Tour de France 2009, dan menjadi posisi ke 3 setelah Lance Armstrong dilepaskan dari gelarnya akibat doping.
Pada 2010, ia bergabung dengan Tim Sky, tim yang digagas British Cycling dalam upayanya mencari calon juara Tour de France dari Inggris. Usaha itu berhasil setelah Bradley Wiggins memenanginya pada 2012 dan Chris Froome pada 2013.
Tahun ini, ia membuat tim yang ia beri nama tim Wiggins. Tim itu masih berstatus Continental dan dibuat untuk mempersiapkan tim Inggris dalam menghadapi Olimpiade 2016. Saat ini 10 pembalap Inggris bergabung dalam tim ini. Ia memecahkan rekor bersepeda dalam satu jam di Lee Valley VeloPark, Inggris 7 Juni 2015.
Ia memanfaatkan ketenarannya untuk hal yang baik. Di antaranya, ia mendirikan Yayasan Bradley Wiggins untuk mempromosikan olahraga dan gaya hidup aktif, salah satunya adalah dengan mensponsori tim balap sepeda wanita Wiggle-Honda.
(Goestarmono, dimuat di Back2boseh Pikiran Rakyat, 21 Juni 2015)

No comments:

Post a Comment