Friday, March 16, 2018

SRAM E-Tap Eagle, Grupset nirkabel 12 speed

Grupset adalah kumpulan komponen sepeda terutama yang berkaitan dengan transmisi dan pengereman. Perang teknologi pada komponen grupset sepeda gunung berlangsung antara SRAM dan Shimano, dua pemimpin pasar komponen tersebut.

Dalam hal jumlah tingkat percepatan, SRAM memimpin setelah meluncurkan komponen dengan 12 percepatan, SRAM Eagle tahun 2016. Tapi dalam hal penggerak, Shimano memiliki teknologi Di2 yang menggantikan tarikan kabel dengan sinyal elektronik.

Sebuah unggahan di media sosial instagram dari Nino Schurter mengindikasikan peta persaingan akan berubah dalam waktu dekat. Akhir Januari pembalap yang disponsori SRAM tersebut terlihat mengendarai sepeda Scott dengan grupset baru. Tidak terlihat kabel menjuntai antara derailleur dan shifter. SRAM memang menggunakan protokol nirkabel untuk meneruskan sinyal elektronik dari input pengendara di shifter untuk menggerakkan derailleur.

Pengguna Instagram @werkstatt17_bikeshop mengunggah gambar dua tombol berlogo SRAM dan Eagle menggantikan posisi shifter di stang sepeda serta derailleur MTB dengan perangkat receiver dan baterai di bagian belakang seperti derailleur e-Tap dari jajaran grupset sepeda jalan raya. Konfirmasi bahwa derailleur tersebut adalah derailleur sepeda gunung, bukan derailleur sepeda jalan raya adalah terpasangnya sprocket Eagle dengan gir terbesar 50 gigi yang tidak mungkin dapat dijangkau derailleur jalan raya.

Hingga saat ini SRAM tidak mengkonfirmasi dugaan tersebut. Selain itu unggahan werkstatt17_bikeshop dicurigai sebagai hoax, entah dengan photoshop atau kerajinan tangan mekanik yang kurang kerjaan. Namun secara teknologi penggunaan grupset nirkabel di grupset sepeda gunung memang memungkinkan.

(Goestarmono)


Update: Beberapa gambar tambahan bermunculan saat seri pertama World Cup XC di Stellenbosch, Afrika Selatan
Update: Beberapa gambar tambahan bermunculan saat seri pertama World Cup XC di Stellenbosch, Afrika Selatan
Shifter Wireless SRAM Eagle e_Tap?

No comments:

Post a Comment